Kain Perca Batik, Apa itu?

Kain perca batik, anda pernah dengar? Pastinya ya.. Lalu apa sih sebenarnya kain perca batik itu? Posting kali ini saya akan membahas mengenai kain perca batik. Kain perca batik selalu lekat hubungannya dengan batik itu sendiri.

pengertian apa itu kain perca batik

Pengertian Kain Perca Batik

Kain perca batik adalah sisa kain batik saat di produksi menjadi sebuah baju atau karya lain. Setiap produksi bahan batik dilakukan menjadi sebuah baju, pembuatan pola selalu menyisakan potongan kain.

Sisa potongan kain tersebut besarnya selalu berbeda-beda tergantung pola yang sedang diproduksi. Dahulu, sisa potongan tersebut tidak ada yang memperhatikan dan dibuang begitu saja. Tapi beberapa tahun terakhir, banyak masyarakat yang memanfaatkan kain perca batik untuk diolah kembali menjadi sebuah produk dengan nilai ekonomis tinggi.

Tak heran, jika sekarang kain perca batik mentah sudah mempunyai nilai ekonomis tidak gratis lagi seperti dahulu. Berapa nilai ekonomis kain perca batik?

Harga Kain Perca Batik

Harga kain perca batik sendiri tidak bisa diperkirakan, bergantung dari ukuran kain perca batik itu sendiri. Semakin lebar kain perca batik, akan semakin tinggi harga kain perca batik tersebut.

Selain besar kain perca batik, harga kain perca batik juga ditentukan dari seri kain tersebut. Maksudnya? Yah, namanya juga kain sisa kan? Jadi terkadang ada yang memiliki ukuran yang sama tetapi corak batiknya lain, tapi ada juga yang memiliki ukuran sama dan corak batik yang sama pula hanya berbeda di warna saja.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa itu kain perca batik sekaligus gambaran dari harga kain perca batik, semoga bermanfaat.

About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Batik's Pekalongan - Powered by Blogger