Motif-motif Batik di Indonesia

Keberagaman motif batik di Indonesia tidak luput karena telah berbaurnya budaya daerah setempat dan pendatang baik dari Cina, Jepang, Belanda dan lain-lain pada masa lalu yang tertuang ke dalam seni gambar kain alias batik. Apa saja motif batik tersebut? Mari kita pelajari untuk lebih tahu sehingga kita semakin dekat dengan budaya bangsa kita sendiri yang telah diakui dunia, BATIK.

motif-motif batik di Indonesia

Pengertian Motif Batik

Motif batik adalah perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan berupa gambar tertentu yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Dahulu, motif batik merupakan ciri khas dari sebuah keluarga sekaligus menjadi simbol untuk menunjukkan status sosial keluarga tersebut. Hal ini terjadi karena membatik merupakan sebuah tradisi turun temurun sejak nenek moyang dahulu.

Motif-motif Batik di Indonesia

Sekarang, motif batik di Indonesia sendiri sudah sangat berkembang, karena kreatifitas produsen dalam mengembangkan karyanya. Jumlah motif batik bisa mencapai ribuan, akan tetapi dapat dikelompokkan menjadi 7 golongan motif batik yaitu :

1. Motif Batik Parang
Mengandung filosofi sebuah petuah seperti ombak laut yang tak berhenti bergerak. Motif parang pada zaman dahulu merupakan hadiah dari para bangsawan untuk anak-anaknya.

2. Motif Batik Geometri
Merupakan motif batik yang ornamennya merupakan bentuk geometri.

3. Motif Batik Banji
Filosofi yang terkandung dari motif batik ini yaitu keteraturan dalam kehidupan.

4. Motif Batik Tumbuh-tumbuhan Menjalar
Memiliki makna filosofi bahwa manusia dan alam senantiasa memiliki kesinambungan yang indah dan harmonis.

5. Motif Batik Tumbuh-tumbuhan Air
Melambangkan peran tumbuhan air bagi kehidupan manusia.

6. Motif Batik Bunga
Filosofi yang terkandung dalam motif batik ini ada dua, yang pertama mengartikan keindahan dan kecantikan dari wujud bunga itu sendiri. Kemudian yang kedua, daun dari bunga berarti wahyu Tuhan dalam menggapai cita-cita.

7. Motif Batik Satwa
Filosofi motif batik ini disesuaikan dengan makna dari satwa itu sendiri. Misalnya, motif batik burung menggambarkan sebuah kebebasan, motif batik gajah yang menggambarkan kekuatan. Bentuk motif batik satwa sudah mengalami perkembangan akan tetapi tidak meninggalkan bentuk aslinya.

Secara umum motif batik memang terbagi seperti yang telah dijelaskan diatas, tapi apakah anda tahu motif batik tertentu berasal dari daerah mana? Karena sekarang ini, tiap-tiap daerah yang dulu tidak banyak dikenal memiliki batik ternyata dalam sejarahnya ternyata mereka mewarisi budaya batik hanya saja tidak ada yang melanjutkan tradisi tersebut seperti di daerah Jawa Tengah. Akhirnya sekarang mereka mengembangkan seni batik, ini sangat menarik karena menambah keanekaragaman batik Indonesia. Untuk itu, informasi berikut ini akan memberikan keterangan mengenai motif batik dan daerah asalnya.

Motif Batik Solo



Motif Batik Jogja



Motif Batik Pekalongan



Motif Batik Indramayu



Motif Batik Betawi



Motif Batik Blitar



Motif Batik Tulungagung



Motif Batik Madura



Motif Batik Bali



Demikian informasi mengenai motif-motif batik di Indonesia, semoga menambah informasi anda tentang batik Indonesia dan menambah kecintaan kita terhadap budaya bangsa sendiri dengan menghargai dan melestarikannya.

About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Batik's Pekalongan - Powered by Blogger