Sejarah Batik di Indonesia

Sejarah batik di Indonesia dipercaya berawal sejak zaman Majapahit dan mulai berkembang dan terkenal pada abad ke-17, yang dimulai dari menggambar di daun lontar dengan gambar hewan dan tumbuhan saja. Seiring perkembangan batik tidak selalu bercorak hewan dan tumbuhan, corak batik semakin bervariasi seperti motif abstrak, awan, relief candi, wayang dan lain-lain.

sejarah batik di Indonesia

Sayangnya, perjalanan panjang sejarah batik di Indonesia tidak tercantum pada literatur resmi. Hanya beberapa pendapat yang mengungkapkan karena lebih dulu mengamati batik saat itu, sebut saja seperti J.L.A. Brandes dan F.A. Sutjipto yang menyatakan pendapat mereka bahwa tradisi batik berasal dari wilayah timur Indonesia yang tidak terpengaruh budaya Hindu seperti daerah Flores, Toraja, Halmahera.

Pendapat lain berasal dari G.P. Rouffaer yang menyatakan bahwa teknik batik kemungkinan diperkenalkan dari India dan Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7. G.P. Rouffaer juga berpendapat bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur, dan pola rumit seperti itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat canting. Kemudian G.P. Rouffaer berkesimpulan bahwa canting ditemukan di Jawa sekitar abad ke-12.

Dari literatur Melayu abad ke-17, sejarah batik di Indonesia pernah tercatat sebuah perjalanan dari Laksamana Hang Nadim atas perintah Sultan Mahmud untuk mendapatkan 140 lembar kain serasah dengan pola 40 jenis bunga pada tiap lembarnya, akan tetapi Laksamana Hang Nadim gagal dalam tugas ini karena kapalnya karam dan hanya membawa empat lembar saja.

Sementara dari literatur Eropa, sejarah batik di Indonesia diceritakan dalam buku History of Java yang ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang pernah menjadi Gubernur Inggris di Jawa saat Napoleon menduduki Belanda bahwa pada tahun 1873 seorang saudagar Belanda, Van Rijekevorsel, memberikan selembar kain batik yang didapat ketika berkunjung ke Indonesia ke museum etnik di Rotterdam pada awal abad ke-19.

Dari beberapa literatur diatas jelas sudah bahwa sejarah batik di Indonesia memang mempunyai cerita yang cukup panjang. Proses mempertahankan batik hingga menjadi budaya di Indonesia juga menjadi cerita tersendiri yang akhirnya mengangkat batik menjadi terkenal sampai ke mancanegara dan diakui dunia.

About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Batik's Pekalongan - Powered by Blogger