Pengertian Batik : Apa sih Batik itu?

Pengertian batik yang sebenarnya itu apa sih? Kata "Batik" sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, tapi mungkin banyak yang belum tahu tentang definisi dari batik itu sendiri. Batik sebagai warisan budaya asli bangsa Indonesia yang telah diakui oleh dunia internasional melalui UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Banyak pendapat tentang pengertian batik, jadi sebenarnya apa itu batik?


Pengertian Batik

Menurut etimologi bahasa, Batik berasal dari dua kata bahasa jawa yakni "amba" yang artinya menulis dan "titik" yang berarti titik. Jadi batik yang dimaksud yaitu menulis titik, tidak berlebihan kiranya ketika kata ini muncul karena berdasarkan dari proses pembuatan batik yang pada waktu itu masih menggunakan teknik tulis atau sekarang sering disebut batik tulis.

Akan tetapi jika diartikan secara utuh, Batik adalah seni lukis dengan menggunakan media kain, malam dan pewarna sebagai salah satu warisan budaya dari nenek moyang dahulu yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia dan tetap masih dilestarikan sampai hari ini.

Dengan memperhatikan kaidah-kaidah tertentu, pola batik yang menghasilkan sebuah karya gambar disebut dengan motif batik. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dari hasil karya batiknya, kebanyakan batik di produksi di daerah pesisir seperti Pekalongan, Cirebon serta daerah yang dahulu berlatar belakang kerajaan seperti Solo dan Jogja.

Batik tidak diwarnai dan digambar dengan tinta seperti umumnya metode menuangkan gambar pada media kertas, kanvas dan lainnya, melainkan menggunakan media malam yang kemudian dicelupkan pada pewarna.

Teknik Membuat Batik

Teknik dalam menuangkan karya batik bervariasi, antara lain batik tulis, batik cap dan batik sablon. Ketiga teknik ini yang paling populer, seiring perkembangan waktu saat ini ada teknik printing untuk membuat batik. Materi ini akan saya bahas pada artikel terpisah secara lebih detail.

Demikian sekilas informasi mengenai pengertian batik, semoga informasi pengertian batik yang singkat ini bisa bermanfaat.

About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Batik's Pekalongan - Powered by Blogger